SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI

Resume Sistem informasi Manajemen

Nama                          : Mujiharto Panga

NIM                            : 921 411 144

Kelas/Semster            : D/IV

Jurusan                      : Akuntansi/ S1/FEB/ Universitas Negeri Gorontalo

Judul Materi  : Sumber Daya Komputasi Dan Komunikasi

 

SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI

I. PROSESOR

Prosesor (yang disebut pula sebagai unit pemroses pusat atau central processing unit-CPU) adalah tempat dimana pemrosesan data dilakukan. Intel, Advanced Micro Devices (AMD), Cyrix, Motorola, dan perusahaan-perusahaan lainnya memproduksi prosesor mikro yang terdapat di banyak komputer mikro populer.
I.I  Kecepatan Prosesor
            Kecepatan prosesor diukur oleh jumlah siklus yang terjadi perdetik, dan angka ini telah berkembang dengan sangat cepat selama beberapa tahun sejak IBM dalam megahertz (MHz), yang berarti juta siklus per detik. setiap siklus adalah suatu peluang dilakukannya aksi, seperti menambahkan kedua angka.

II. MEMORI
            Pada dasarnya data disimpan di sebuah komputer dalam dua cara-memori dan penyimpan. Memori, yang disebut juga ruang penyimpan primer atau random access memory (RAM). Memori adalah barang yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya komputer dimatikan. Karakterisktik ini mencerminkan fakta bahwa nilai bit akan dapat diubah secepat yang bisa dilakukan oleh siklus prosesor. Memori di dalam sebuah komputer sangatlah cepat jika dibandingkan dengan mengakses data di sebuah alat penyimpanan, seperti sebuah disk. jumlah memori dalam sebuah komputer mikro dapat memberikan dampak yang signifikan pada persepsi pengguna akan kecepatan. Komputer mikro umumnya memiliki memori sebesar 128 hingga 256 megabita (MB);memori 256 MB adalah 256 jute bita.

III. RUANG PENYIMPANAN
            Ruang penyimpanan tetap (fixed storage) adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di dalam komputer. Contohnya adalah hard drive. Penyimpanan yang dapat dilepas (removable storage) biasanya berbentuk sebuah pita, disk (yang dikenal pula sebagai disket), flash drive USB (terkadang disebut “pen drive”), CD, atau media jinjing lainnya.

IV. ALAT-ALAT INPUT (INPUT DEVICE)
            Komputer tidak akan banyak berguna tanpa alat-alat input dan output. Operasi bisnis membutuhkan sejumlah besar alat-alat input dan output, dan dikembangkan alat-alat unutk memenuhi kebutuhan tersebut. Meskipun telah tersedia banyak alat input dan output, hanya sedikit saja yang diterima secara luas. Input yang diterima dari manusia sangat penting, karena memberikan satu mekanisme langsung bagi pengguna untuk mengendalikan kompter. Sebagian besar data pada awalnya memiliki bentuk yang tidak dapat di baca oleh mesin, dan perlu dilakukan entri data oleh manusia.

Terdapat dua kendala bagi data yang diterima dari manusi. Pertama, lambat. Kedua, biasanya tidak dapat mencpai tingkat akurasi yang sangat tinggi seperti data ynag diterima dari mesin (machine-captured data)-data yang diterima oleh suatu alat elektronik atau mekanis.

V. ALAT OUTPUT (OUTPUT DEVICE)
            Dua alat output yang paling dikenal adalah layar komputer, yang terkadang disebut monitor, dan printer. Meskipun konsep “kantor tanpa kertas” telah mendpat banyak perhatian, hasil otput cetakan tetap merupakan fakta dari komputasi.

Gambar pada sebuah layar komputer sangat dipengaruhi oleh resolusi layar. Resolusi layar (screen resolution) mengacu pada jumlah pixel, titik-titik cahaya yang terdapat pada monitor, yang ditampilkan di layar. dewasa ini, resolusi 1.600 x 1.200 dan lebih besar adalah hal yang umum. Ini artinya terdapat 1.600 titik pada setiap 1.200 garis pada layar.

 

 

 

VI. ALAT-ALATKOMPUTASI PRIBADI

Komputasi pribadi telah lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro. Komputer mikro sering juga disebut Personal Computer (PC) oleh masyarakat, yaitu sebuah komputer yang dapat dioperasikan oleh satu orang.

Contoh Alat Komputasi Pribadi:

1. Handphone

2. PDA/XDA

3. Smartphone

Fitur-fitur menarik dari alat komputasi pribadi :

1. Usia Baterai yang panjang

2.Akses jaringan nirkabel (tanpa kabel)

3.Layar tampilan yang kecil, namun fungsional

 

      Telepon seluler dengan pesan dan video interaktif

Telepon sellular saat ini juga berkembang sangat pesat. Tidak berbeda dengan komputer. Lihat saja, pada saat ini sebuah telepon sellular sudah dapat menampilkan video dengan resolusi yang cukup tinggi, kecepatan akses internet yang sangat cepat .

      Telepon seluler cerdas

Telepon seluler dianggap cerdas ketika ia mampu menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Hal ini berarti seluruh informasi yang berada di dalamnya (agenda, nomor telepon, file, dll) dapat disinkronisasi dengan sebuah computer mikro.

      Jaringan Rumah

  1. a.      Pemasangan modem

Pemasangan modem untuk komputer rumahan biasanya dilakukan oleh teknisi dari ISP

tempat kita berlangganan.Apabila ada beberapa komputer di satu tempat, dapat dilakukan pembagian koneksi dengan menggunakan router.

  1. b.      Keamanan nirkabel

Ketika memasang router jaringan nirkabel, ada baiknya menggunakan kode sandi untuk membatasi pengguna dari luar yang ingin seenaknya mengakses jaringan nirkabel kita.

 

  1. c.       KeamananKomputasi Rumah

Saat ini banyak orang yang sudah menggunakan personal computer selama bertahun-tahun, tetapi masih tidak pernah memikirkan masalah keamanan.Rata-rata hanya asal pakai saja, tanpa mau belajar tentang keamanan dari sebuah komputer itu sendiri.

Ada tiga aspek keamanan yang memiliki arti penting bagi komputer mikro :

Update Sistem Operasi & Aplikasi

Tidak ada suatu hal yang sempurna. Sama halnya dengan suatu sistem operasi/ oper Ating system (OS). Sistem Operasi akan selalu memiliki celah yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh pihak ketiga untuk melakukan sesuatu yang buruk.

Virus

Virus adalah suatu program komputer yang didesain khusus oleh pembuatnya untuk menggandakan dirinya di dalam komputer korbannya secara terus menerus. Apabila dibiarkan, lama kelamaan jumlahnya akan semakin banyak dan mungkin menginfeksi sebagian besar file di dalam komputer anda. Beberapa contoh virus, yaitu worm, menggandakan diri tanpa perlu menginfeksi suatu file tertentu. Ia masuk dari suatu kerapuhan (vulerability) dari suatu sistem, biasanya sistem operasi. Setelah masuk ke dalam suatu komputer, worm biasanya memodifikasi beberapa pengaturan di Operating System agar tetap hidup.

Spyware

Adalah sebuah program komputer yang didesain khusus oleh pembuatnya untuk mencuri data dan informasi dari komputer korbannya untuk kemudian dikirimkan ke pembuat spyware tersebut. Data-data tersebut bisa data yang tidak penting seperti pola internet kita. Namun bisa juga data-data yang sangat penting seperti User ID, Password, PIN, dan sebagainya.

 

 

 

 

 

 

VII. KONVERGENSI KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI

 

Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah perlewatan komunikasi suara melalui internetlaksana komunikasi digital. Setiap sinyal suara dapat digitalisasi dan dikirimkan melalui internet dan dimainkan kembali pada pengeras suara di tempat tujuannya.Jika komputer individu mempunyai sebuah mikrofon dan pengeras suara, maka individu tersebut akan dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan perlengkapan yang sama di komputer mereka seperti yang telah disediakan oleh Skype.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s