Kepada para pemuda

Kepada para pemuda

Risalah ini ditulis pada tahun 1936 M.

Risalah ini membicarakan beberapa tema, antara lain:

  • Kaidah-kaidah dasar kemenangan sebuah fikrah, yaitu keinginan, keikhlasan, semangat, dan kerja keras. Dimana keemoat rukun ini merupakan karakter pemuda. Karena kewajiban pemuda jauh lebih banyak dari kewajiban pemuda jauh lebih banyak dari kewajiban yang lain.
  • Hal-hal yang harus dilakukan pemuda dalam perjuangan islam, yaitu:
  1. Menjelaskan Islam, mengungkap berbagai dimensinya, serta menegaskan hokum-hukumnya secara sempurna; tanpa tambahan, pengurangan, dan kerancuan. Atau dengan kata lain, menafsirkan manhaj Islam secara tepat dan jelas, sehingga kaum muslimin mengetahui hakikat agamanya dan umat manusia memahami ajaran Tuhan mereka. Dan, ini meruakan bagian teoritis dari dakwah Ikhwan.
  2. Mengajak manusia dan mengkondisikan mereka agar merapkan satuan-satuan ajaran islam dalam kehidupan. Dan, inilah aspek aplikatif dakwah ikhwan.
  • Penjelasan fase-fase perjuangan ikhwan dan kewajiban para pemuda untuk mencapainya. Sebab mereka tidak lebih lemah dari generasi pendahulu, namun mereka sukses mencapai cita-cita, hingga mereka mendapat kemuliaan dengan islam dan islam jaya bersama mereka. Fase-fase perjuangan tersebut adalah:
  1. Pembentukan individu muslim
  2. Pe,bentukan keluarga muslim
  3. Pembentukan masyarakat muslim.
  4. Pembentukan pemerontahan muslim
  5. Pembentukan umat muslimah dengan menggabungkan berbagai bagian Negara islam yang telah dicerai-ceraikan oleh sistem politik
  6. Mengembalikan negeri-negeri islam yang telah dirampas musuh, seperti Andalusia, Sicilia, Balkan, dan lain sebagainya.
  7. Menyampikan dakwah Islam ke seluruh dunia.
  • Bantahan atas tuduhan berbagai pihak terhadap jamaah Ikhwanul Muslimin, dengan jawaban yang argumentative dan jelas. Di antara tuduhan yang mereka lontarkan adalah;
  1. Ihwan adalah jamaah Darwis
  2. Ikhwan anti nasionalisme
  3. Ikhwan menyeru pada kemalasan
  4. Ikhwan menyerukan perpecahan etnis.
  5. Ikhwan bekerja untuk kepentingan organisasi tertentu.

 

 

 

Kepada para pemuda

Bismillahirrahmanirrahiim

“katakanlah, ‘sesungguhnya aku hendak memperingatkan kapadamu satu hal saja, yaitu suoaya kamu menghap Allah (dengan ikhlas) berdua-dua atau sendiri-sendiri, kemudian kamu pikirkan (tentang Muhammad) tidak ada penyakit gila sedikitpun pada kawanmu itu dan dia tidak lain hanyalah pemberi peringatan bagi kamu sebelum (menghadapi) adzab yang keras ‘. Katakanlah, ‘upah  apapun yang aku minta kepadamu, maka itu untuk kamu. Upahku hanyalah dari Allah. Dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu .’ katakanlah, ‘sesungguhnya Tuhanku mewahyukan kebenaran. Dia maha mengetahui segala yang gaib. Katakanlah kebenaran telah datang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s